Skema Menyimpan Uang Terbaik Tersedia di India

Dengan terus-menerus mengubah skenario pasar keuangan dan meningkatnya jumlah bank, lembaga keuangan, sumber daya online yang memberikan kesempatan yang cukup untuk penghematan, banyak orang di India tidak dapat memutuskan tempat yang tepat untuk menyimpan surplus mereka untuk memenuhi kewajiban keuangan di masa depan.

Oleh karena itu, orang yang mencari nasihat tentang metode penghematan yang paling cocok dan bisa diterapkan dari berbagai skema yang disediakan oleh bank, sehingga untuk mengelola keuangan pribadi mereka dengan cara yang lebih baik.



Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk menyimpan uang di India. jalan ini memberikan keuntungan yang terjamin, suku bunga yang lebih baik, keamanan finansial, penghematan pajak di bawah berbagai bagian dari Undang-Undang Pajak Penghasilan dan manfaat lain yang dapat membantu Anda menghemat uang. Mari kita sekarang membahas tentang skema tabungan beragam yang tersedia di India.

tabungan
tabungan di bank adalah salah satu skema terbaik untuk menghemat uang di India. Mereka menyediakan keamanan untuk uang serta memperoleh beberapa bunga dari waktu ke waktu. tabungan adalah jalan terbaik untuk uang cair, maka, disarankan untuk memilih tabungan untuk menjaga uang tunai darurat. deposito ini tidak mengenakan denda atas penarikan uang. Ada juga fleksibilitas untuk mengakses account oleh dua orang atau lebih dalam kasus itu adalah rekening tabungan bersama.

Baru-baru ini, Reserve Bank of India memungkinkan bank untuk menentukan suku bunga deposito tabungan. Keputusan ini oleh bank sentral diperkirakan akan mendorong pertumbuhan tabungan dan menyebar inklusi keuangan di seluruh negeri. Selain itu, pemerintah India dalam anggaran 2012-13 yang telah memungkinkan untuk pembebasan pajak atas bunga sampai dengan Rs. 10.000 untuk tabungan, yang akan memfasilitasi mempertahankan saldo yang lebih tinggi di tabungan.

Deposit berulang (RD)
deposito berulang memungkinkan Anda untuk berinvestasi beberapa jumlah uang tertentu setiap bulan untuk tingkat pengembalian tetap. deposito ini memiliki masa tetap dan pada saat jatuh tempo deposito, jumlah pokok dan bunga yang diperoleh selama periode itu dikembalikan kepada Anda. Hal ini juga menyediakan likuiditas untuk penghematan akses setiap saat, tetapi, hukuman yang dikenakan untuk penarikan dini.

Selain ini RD biasa, Anda juga dapat menemukan deposito berulang variabel atau variabel RD. deposito ini menawarkan pilihan dari berbagai angsuran bulanan. Jumlah minimum setoran bulanan bervariasi dari bank ke bank. 

Dalam sebagian besar bank, seseorang dapat berinvestasi angsuran minimum bulanan Rs.100 di RD di India. Suku bunga deposito berulang bervariasi dari bank ke bank. Sebagian besar, suku bunga bervariasi antara 7% -10% tergantung pada masa deposit. Pengurangan pajak pada Sumber (TDS) tidak berlaku pada berulang deposito di India.

Di India, salah satu dapat membuka deposito berulang dengan bank dan kantor pos. NRIs tidak bisa RD terbuka di kantor pos, tetapi dapat membuat akun NRE dengan bank dan lembaga keuangan lainnya.

deposito berjangka (FD)
deposito berjangka atau deposito berjangka adalah metode yang paling umum dari investasi uang. Sangat cocok untuk seseorang yang memiliki lump sum dan ingin berinvestasi dalam deposit tunggal untuk jangka waktu tertentu. Suku bunga deposito ini tergantung pada masa investasi. 

Lagi masa jabatan, lebih besar tingkat bunga. penarikan dini dan parsial yang tersedia, tetapi dengan hukuman, yang bervariasi dari bank ke bank. deposito tetap yang ditawarkan oleh sektor publik / bank dinasionalisasi, koperasi bank, India bank swasta dan bank asing. Saat ini, ada 19 bank umum sektor, 15 bank swasta, 6 bank asing dan 3 bank koperasi menawarkan deposito tetap di India.

Periode investasi bervariasi dari kurang dari 15 hari sampai lebih dari lima tahun. Dalam sebagian besar bank, minimal membuka deposito Rs.1,000 dan deposito maksimum adalah di atas Rs.1 crore. Anda dapat memilih periode investasi bersama dengan pembayaran bunga (bulanan, kuartalan, tahunan). Tingkat bunga dijamin dan tidak berubah untuk jangka dinominasikan.

Selain itu di India, banyak bank menawarkan NRO rekening deposito dan rekening deposito NRE tetap di mana bunga NRE Tetap deposito bebas pajak tapi akun NRO adalah pajak di India.

tabungan kantor pos
Skema tabungan kantor pos yang ditawarkan oleh Departemen Pos di India. Ini adalah yang tertua layanan perbankan lembaga di India. Ini beroperasi atas nama Menteri Keuangan dan Pemerintah India. Saat ini, ada lebih dari 20 crores posting kantor tabungan dan ini sedang dioperasikan di lebih dari 1 kantor lakh pos di seluruh negeri.

Sektor pos India menawarkan banyak kantor pos skema tabungan. Skema tabungan termasuk tabungan skema akun, berulang skema deposito, skema deposito, Bulanan Skema Penghasilan (MIS), Skema Dana Provident Umum (PPF), Tabungan Nasional Sertifikat (NSC) dan masih banyak lagi. Dengan RBI deregulasi suku bunga tabungan, Pemerintah India juga menaikkan suku bunga pada posting skema tabungan kantor untuk 4% dari 3,5%.

rencana investasi yang sistematis (SIP)
rencana investasi yang sistematis adalah salah satu metode yang populer dari investasi uang di India. Hal ini memungkinkan investor umum untuk berinvestasi di reksa dana dengan membeli unit skema reksa dana. Ini adalah sebuah pendekatan untuk menginvestasikan uang dengan bantuan manajemen profesional.

Ini menanamkan kebiasaan tabungan disiplin di mana investor dapat berinvestasi secara teratur daripada investasi dalam jumlah besar pada satu waktu. Investasi minimum di SIP dimulai dari Rs. 500 dan tidak ada batasan maksimal. Di India, manfaat pajak tersedia sampai dengan Rs. 1 lakh, jika SIP dilakukan dalam Equity Linked Tabungan Scheme (ELSS).

Dengan demikian, semua skema membantu uang Anda tumbuh dalam jangka waktu tertentu. Tergantung pada tujuan Anda - jangka pendek atau panjang dan kebutuhan Anda - tabungan satu waktu atau tabungan biasa, Anda perlu memilih tabungan yang tepat produk yang cocok untuk anda yang terbaik.

Komentar